09/03/12

KUMPULAN STATUS MOTIVASI SUKSES DARI UST M.ROSYIDI AZIZ

“Saya, biasa dipanggil Rosyid. Lahir dan besar dari keluarga sederhana namun memiliki Big DREAM yang tidak cukup menjadi sederhana. Saya ingin dikenang sebagai Pengusaha Dermawan, Ahli Zakat, Ahli Sedekah, Ahli Ibadah dan tentu menjadi Ahli Syurga.”

*************

Itulah yang saya baca dari sekilas profil seorang pengusaha muda yang sukses. Bernama Ustdz Muhammad Rosyidi Aziz, owner Al Azhar Press..
Iseng ataukah lagi rajin, Ann coba baca setiap status yg beliau posting di FB..
Begitu banyak pelajaran yang dipetik, kaya akan hikmah dari setiap kata yang dituliskan..
Semoga bisa menjadi kebaikan bagi yang menuliskan dan membacanya.
Hmm,, kupikir, kenapa ga dikumpulin aja jadi sebuah catatan yang bisa dibaca dan dibagikan ke banyak orang..

Dan akhirnya bbrp bulan yang lalu.. catatan yang terserak itu alhamdulillah kukumpulkan menjadi satu dan skrg tersimpan rapi di blog sederhanaku..

1

Sholat…sholat euy….“Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan, dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Bukhari)

2

Saya dan juga anda boleh bermimpi apa saja… jangan pernah takut bermimpi, lalu visualisasikan mimpi anda sehingga gambarannya makin jelas. Lantas, kalau impian sudah tercapai, syukurilah… dan berbagilah…

3

Perhatikanlah kalimat-kalimat bijak ini, Tangan diatas LEBIH BAIK dari tangan dibawah. Memikul kayu bakar (bekerja keras) LEBIH MULIA daripada mengemis, Mukmin yang kuat LEBIH DICINTAI ALLAH daripada mukmin yang lemah….


4

Kawan, cobalah setiap pagi tulis rencana aktivitas kita hari ini, ingat, fokuskan ke hal-hal yang penting dan tidak mendesak. berusahalah konsisten menuntaskan apa-apa yg kita rencanakan dipagi hari, insyaallah hidup kita akan lebih tertata, tidak dikejar-kejar waktu deadline dan juga tidak habis waktu kita untuk hal yang sia-sia. orang yg gagal merencanakan, dia telah merencanakan kegagalan. take action, now!!!

5

“Siapa saja yg mencontohkan didalam islam contoh yg baik maka untknya pahalanya dan pahala siapa saja yg melakukannya setelah dia karena mencontohnya tanpa berkurang pahala mrk sedikitpun. Siapa saja yg mencontohkan didalam islam contoh yg buruk maka atasnya dosanya dan dosa siapa saja yg melakukannya setelah dia krn mencontohnya tanpa berkurang dosa mereka sedikitpun” (HR.Muslim, Ahmad, ibn Majah, Nasa’I)

6

Seandainya kalian betul2 bertawakkal pd Allah, sungguh Allah akan memberikan rizki sebagaimana burung mendapatkan rizki. Burung tsb pergi pd pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali sore hari dlm keadaan kenyang…

7

Yuk, belajar jadi Orang Sukses karena Orang Sukses/Orang Besar/Orang Kaya itu berfikir dua-duanya (think both), sementara Orang Kecil/Orang Gagal/Orang Miskin berfikir salah satunya (think either). Jadi mulai sekarang pilihlah : SAYA mau jadi orang kaya, bahagia, dan masuk syurga. Coret pilihan berikut : SAYA gakpapa miskin, yang penting … (silakan isi sendiri)

8

Sesungguhnya nasib kita, kita sendiri yang menentukan (Qs ar-Ra’d:11). Kalaupun belum sukses, minimal kita sudah memiliki pemikiran untuk menjadi sukses. Karena pemikiran mrpk aset yg sangat berharga dan kekayaan yg agung bgi suatu kaum (syekh taqiy dlm iqtishody)

9

Yuk, belajar jadi orang BESAR, karena orang Besar, orang Kaya, orang Sukses itu fokus pada peluang, ownership, responsible, accountable…Saya sedang meluncur ke TV one, silaturrahmi dgn pimpinannya. Hikmah silaturrahmi adl mendatangkan rizki. Bismillah…

Sesuatu yg paling cepat mendatangkan kebaikan adl pahala orang yg berbuat kebaikan dan menghubungkan silaturahmi…(HR Ibnu Majah)

10

Rasulullah mengisahkan seseorang yg rambutnya acak-acakan dan berdebu, smtra tangannya menengadah kelangit untuk berdoa, “Ya Allah, ya Allah..” padahal makanannya haram. Minumannya haram. Pakaiannya haram. Diberi makan dr sumber yg haram. Bagaimana doanya dikabulkan?” (HR Muslim, Tirmidzi, Ahmad)

11

“Bila engkau mndapatkan prkataan yg baik dr sseorang, tunggulah sebentar. Jk orang yg mngatakan itu mnyesuaikan prilakunya dng prkataannya, maka itulah knikmatan yg pling indah, jdikanlah ia saudaramu, cintailah dia, kasihilah dia. Tp jk prkataannya mngingkari prbuatannya, maka apa ada yg trsembunyi drnya kepadamu? Hati2lah kpdanya, dan jangan sampai ia menipumu.”(Hasan Al-Bashri)

12

“Sesungguhnya jika kamu bersykur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-KU sangat berat” (QS Ibrahim : 7). kawan, syukuri apa yang sudah kita peroleh, atas nikmat2 yg sudah Allah berikan kpd kita lalu tuangkan dalam bentuk statement dan promise. Kita akan menjadi orang seperti apa, kita ingin dikenal sbg apa ketika meninggal kelak? berjanjilah…

13

Jangan menunggu besar untuk memulai sesuatu, tapi mulailah sesuatu sehingga kita menjadi besar.

14

…”hendaklah mereka melaksanakan sholat, menginfakkan sebagian rezki yg Kami berikan secara sembunyi atau terang-terangan sebelum datang hari, ketika tidak ada jual beli dan persahabatan” (QS Ibrahim : 31)

15

Iblis berkata, “Tuhanku, oleh karena Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, aku pasti akan jadikan (kejahatan) terasa indah bagi mereka (manusia) di bumi, dan aku akan menyesatkan mereka semuanya”. (Al Hijr : 39).

16

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat” (QS Al Hujurat : 10). Kawan, sinergilah… jangan berkompetisi. karena sinergi itu win-win dan menumbuhkan kebersamaan, smtara kompetisi adalah win-lose dan menimbulkan permusuhan.

17

My Ultimate GOAL : Telah memiliki aset bisnis minimal Rp. 1 Trilyun sebelum berumur 40 tahun. Ayo, jangan takut bermimpi…

Orang sukses bisnis itu menuntaskan apa-apa yang sudah dimulainya. Sementara orang Gagal di bisnis itu orang yang sukanya hanya mulai dan mulai saja. Dek, pilih bisnis, tekuni dan mantapkan sampai tuntas…Sesungguhnya segala sesuatu diciptakan dlm 2 kondisi, pertama kali dalam benak berupa ide/gagasan, kemudian diwujudkan di alam nyata. Ada yg mau komen?

18

kita tidak memiliki pilihan lain kecuali bertaqwa, dalam kondisi apapun krn Allah SWT memiliki hujjah untuk mematahkan alasan2 yg kita buat. Allah menguji Nabi Sulaiman dg kekayaan yg berlimpah, Nabi Yusuf dgn ujian sbg pekerja/budak, Nabi Ayyub dgn penyakit yg tiada kunjung sembuh dan Nabi Isa dengan kefakiran yang sangat. So, jgn ada lg sikap BED-JC…

19

Saya sadar kalau saya tidak bisa, Saya sadar kalau saya bisa, Saya tidak sadar kalau saya bisa, Saya tidak sadar kalau saya tidak bisa. Mau coba menafsirkan kalimat ampuh ini dengan contoh-contoh praktis? berhadiah…

20

Pintu masa lalu telah tertutup; Pintu masa depan pun belum tiba. Pusatkan saja diri anda untuk hari ini. Anda dapat mengerjakan lebih banyak hal hari ini bila anda mampu memaafkan hari kemarin dan melepaskan ketakutan akan esok hari. Hiduplah hari ini. Karena, masa lalu dan masa depan hanyalah permainan pikiran yang rumit. (dari seorang kawan)

21

Tahukah anda, bahwa the Fed (bank central AS) yang mencetak dolar AS dan dipakai/di back up oleh hampir seluruh negara didunia TERNYATA milik swasta dan dikuasai segelintir orang?

22

Mendamaikan dua orang mukmin yg berselisih..pahalanya lebih besar drpd sholat sunnah, shaum sunnah dan sedekah..(al hadist)

23

Belajar dari kesholihan seorang hamba Allah (beliau menyebut dirinya kacungnya Allah), tidur 5 jam seminggu, dan itu sudah beliau lakukan belasan tahun. sisanya digunakan untuk berdakwah, beramal nyata, berjuang untuk agama. subhanallah… Kalau anda?

24

Be komitmen : Lakukan yang anda katakan…! My Phylosophy : Think big, start small, grow fast.

25

Puber bisnis, istilah yg tepat untuk pebisnis pemula, yang akan menangkap semua peluang yang ada. Padahal tidak semua peluang harus diambil, karena keterbatasan kemampuan dan kapasitas kita. Rumusnya, jika anda fokus 1-3 maka peluang suksesnya 1-3. jika fokus 4-10 maka peluang sukses hanya 1-2 saja. dan jika fokus >10, maka peluang suksesnya 0.

26

Untuk direnungkan : Sebaik-baik perkara adalah membekali diri dengan ilmu. Jika seseorang merasa cukup dengan apa yang diketahuinya, maka dia telah diperbudak oleh pikirannya. Akhirnya, dia pun begitu mengagungkan dirinya, sehingga menghalanginya untuk belajar kepada orang lain. Padahal, dengan saling belajar, akan tampak kesalahan (dan kekurangan)-nya. Ayo belajar…!

27

Resep jadi orang sholih adalah berteman, berkumpul dengan orang2 sholih. Resep jadi orang sukses pun demikian, bersahabat dan berkumpul dengan orang-orang sukses, orang-orang terbaik, khairu ummah. Alhamdulillah, perjalanan panjang kita hari ini smoga menghantarkan kita sbg ummat terbaik. Pesan pentingnya, lakukan apa yg anda katakan…!

28

Gantungkan cita-citamu (goal, dream, have) setinggi langit, dan biarkan bintang-bintang jatuh dipangkuanmu.. Ingat, sesuatu terjadi 2x. pertama, dalam benak berupa ide/gagasan. kedua, dalam realita/kenyataan. Punya impian besar tidak perlu bayar, kenapa takut bermimpi? ayolah kawan, jangan tanggung-tanggung kalo punya cita-cita… mari taklukkan dunia!

29

Kalau ingin membuktikan misteri rizky, jadilah pengusaha. kalau ingin lebih membuktikan jumlah pintu rizky ada 99 pintu, jadilah pengusaha. Dan kalau ingin lebih membuktikan dahsyatnya shadaqah, silaturrahmi thdp datangnya rizki, jadilah pengusaha… ASLI gak pake bohong! TERBUKTI 100%

30

“Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui (ilmunya). Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan dimintai pertanggungjawabannya” (QS Al Isra’ : 36). —kuncinya, ilmu qobla amal, ketahuilah secara jelas dulu hukum syara dari apa-apa yg akan kita lakukan. apakah wajib, sunnah, mubah, makruh atau haram).

31

Bismillah, misi khusus ketemu Profesor Din Syamsuddin pagi ini. Silaturrahmi dengan orang berbobot, insyaallah hasil dan hikmahnya pun berbobot…

32

“Orang yg mengamalkan demokrasi dan percaya pd demokrasi tidak ada guna haji dan sholatnya, mrk akan masuk neraka, saya yakin itu! Silakan sholat sampai ‘benjut’ kepalanya, haji setiap tahun sampai habis uangnya, silakan mau korban dg sapi atau kerbau. Tetapi selama dia masih menyakini dan mengamalkan demokrasi, maka tempatnya dineraka. jelas dia telah musyrik” (Ust Abu Bakar Ba’asyir)

33

Mempersiapkan 2 juta pejuang tangguh bermental mujahid dalam 2 tahun kedepan. Menyongsong era baru kebangkitan Islam, sebuah peradaban yang telah lama dinantikan.. Istiqomahkan kami ya rabb..

34

Komitmen adalah amanah. Komitmen adalah istiqomah. Komitmen adalah satunya kata dengan perbuatan. Komitmen adalah tekad yg kuat dan ikhtiar 100%. Komitmen adalah loyalitas. Mari perbaiki komitmen, terhadap keluarga kita, bisnis/kantor kita, negeri kita, dan tentu pula agama kita..

35

“Dan tidak ada suatu negeripun (yang durhaka penduduknya), melainkan Kami membinasakannya sebelum hari Kiamat atau Kami siksa (penduduknya) dengan siksa yang sangat keras… ” (QS Al-Isra’ : 58). — Negeri ini dengan kesadaran penuh, ternyata memilih durhaka kepada Allah. jadi, siap-siap saja suatu saat dibinasakan Allah.. Astaghfirullah…

36

Sinergi = win-win. Kompetisi = win-lose. Ayolah sinergi kawan… sesama kawan, janganlah kompetisi..

37

Sebagai apapun kita (apalagi pebisnis pejuang Islam), ingatlah selalu nash berikut : “Penuhilah janji, sesungguhnya janji itu pasti dimintai pertanggungjawabannya” (QS Al Isra’:34). “Hai orang-orang yang beriman, penuhilah akad-akad itu” (QS an-Nisa’:58).

38

Pelajaran awal Saudagar Syariah, Synergi Business Syabab (SBS) : Membentuk Behaviour Mujahid. point 1. Talk Straight, bicaralah terus terang, jujur saja. Jangan bertele-tele. Sampaikan kebenaran full apa adanya. Jangan memanipulasi data dan fakta, jangan pula ngegosip. Tidak usah berbelit-belit, mutar-muter. malah bikin bingung lawan bicara kita. LANGSUNG saja katakan, TALK STRAIGHT…

39

Behaviour Mujahid poin 2 : Demonstrate Respect. Tunjukkan sikap menghargai dan peduli pd orang lain. Jangan cuek terhadap kondisi. Kasih feed back pada orang lain.” DR ” tidak harus berupa materi, ucapan terima kasih, kasih senyum, pujian ke karyawan kita, pasangan kita, anak-anak kita. Balas sms, angkat telpon ketika …waktu sedang longgar. Cobalah.. @Synergi business Syabab

40

poin 3 Behaviour Mujahid : Show loyality. Tunjukkan loyalitas anda. Loyalitas kepada keluarga kita, sahabat kita, bisnis kita, organisasi kita, kampung halaman kita, negeri kita dan yg terpenting agama kita. Banyak orang yg mengaku aktivis organisasi tertentu, tapi perilakunya justru merongrong organisasinya. Banyak or…ang mengaku si fulan adalah sahabatnya, tapi ketika bicara dgn yg lain ngomongin kejelekannya.@SBS

41

Riview Behaviour Mujahid by SBS : (1). Talk Straight. (2) Demonstrate Respect. (3) Show Loyality…. (4)….

42

aneh memang, saat resep ditulis dan diberikan dokter, kt tiada pernah bertanya, ini obat apa dok? fungsi dan manfaatnya apa? kenapa obat yg ini yg dokter berikan? bla..bla..langsung saja kita tebus resep itu dan kita makan obat itu. Coba seandainya umat islam bersikap spt ini ya?, dan kita dianggap sebagai “dokter umma…t”. mereka gak perlu nanya macem2.. karena resep Islam yg kita tawarkan pasti langsung mrk pakai.

43

Behaviour Mujahid ke-4. Right Wrong. Perbaiki kesalahan, minta maaflah jika memang kita salah. Dengan minta maaf tidak lantas harga diri kita jatuh. iya kan? lalu, tebuslah kesalahan tersebut dengan berbuat sesuatu, service recovery istilahnya. Cobalah praktekkan… @SBS

44

Nikmatnya berkantor di samping rumah tinggal. Walau kondisi sedang tidak fit dan harus bed rest, aktivitas tidak terganggu, tetap terpantau on the track. 100% running. Message yg ingin saya sampaikan : Bagi yg hendak memulai usaha, buatlah rumah-rumah anda sebagai kantor bisnis anda. Kalau sudah mulai besar, buatlah ru…mah tinggal disamping kantor anda, kalau makin membesar bolehlah agak jauhan dikit..

45

Terima kasih ya Allah, sungguh Engkau Mahatahu apa yang terbaik untuk diri ini. Engkau Mahatau bahwa raga inipun punya hak untuk istirahat sejenak walau jiwa ini ingin terus bergerak-berjuang tiada henti, dan 2 hari ini Engkau telah tunaikan hak atasnya. Alhamdulillah. Esok, akan Engkau kembali temui, berpadunya semangat jiwa dan raga ini yang kembali menggelora, bergerak dan berjuang untuk meraih kemenangan..amin.

46


Behaviour Mujahid 5. Create Transparancy. Pastikan dan budayakan dikantor dimana kita bekrja, di organisasi yg kita ikuti, juga di keluarga kita, TIDAK ADA hidden agenda, TIDAK ADA hidden informasi. Berperilakulah transparan dan otentik. Insyaallah tidak akan muncul kecurigaan satu dengan yang lain. TRUST akan terbentuk, Lingkungan pun terasa nyaman. Cobalah… @Synergi BS.

47

Jika salah seorang diantara kalian memberi utang, lalu ia diberi hadiah (oleh pengutang) atau si pengutang membawanya di atas hewan tunggangan (kendaraan), maka jangan ia menaikinya dan jangan menerima hadiah itu, kecuali yg demikian itu biasa terjadi diantara keduanya sebelum utang-piutang itu” (HR Ibn Majah).

48

“Sebaik-baik manusia adalah yg banyak memberi manfaat kpd yg lain”. Kawan, kita faham, sistem jahiliyah ini telah menyengsarakan kita semua. Banyak dari kita dibuat tak berdaya shg membutuhkan uluran tangan saudara kita yg lain. Duhai keluarga, tetangga, sahabat, kerabat dan rekan2 seperjuangan, maafkan kami jika ada yg blm terbantu urusannya. Terkadang 1 pejuang diharap ratusan orang dibelakang..

49

Behaviour Mujahid 6. Deliver Result, Memberikan hasil. Lakukan rencana dipagi hari dgn menulis hal-hal yang hari ini harus anda selesaikan/capai. walaupun 1% harus ada progres hasil. Gunakan kertas, tempel ditempat yg anda mudah membacanya. Kalau anda nulisnya udah agak siang, itu namanya deliver activity, bukan deliver result… Cobalah..! @Synergi BS

50

Kawan, waktu adalah modal yang diberikan Allah pada kita. Semua diberi modal yang sama, 24 jam/hari. Tidak peduli status sosialnya (pejabat-rakyat, kaya-miskin), apapun warga negaranya, agamanya, warna kulitnya,… Jadi aneh, kalau ada yang masih menyalahkan waktu yang mepet, sempit dll. Semua Orang Sukses memiliki rah…asia sendiri, dan satu diantaranya adlh bagaimana mereka memenej waktu yang dimilikinya.

51

Rahasia sukses manajemen waktu Orang-orang Besar : Fokus pada HAL yg PENTING tapi tidak MENDESAK. Meeting itu penting, silaturrahmi itu penting, olahraga jg penting, bayar tagihan sblm waktunya itu penting, SO lakukanlah sebelum menjadi GENTING/MENDESAK. Karena dateline itu gak enak. karena kalau sudah sakit itu bikin …genting ditangani. karena kalau tdk silaturrahmi bisa mispersepsi..

52

Cobalah pakai kacamata merah. Semua hal yang anda lihat pasti terlihat merah. Hijau pegunungan terlihat merah, bendera partai semua akan terlihat merah, bahkan muka orang yang imut pun akan terlihat memerah. itulah PERSEPSI. Persepsi adalah cara pandang kita tentang sesuatu. Payahnya, kalau ternyata persepsi yang kita …miliki (tentang orang, hidup, uang, politik dll) ternyata tidak tepat. Pernah mengalami hal ini?

53

Renungan buat ikhwan fillah… ”Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi seorang munafik adalah shalat Isya’ dan shalat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak…” (HR Bukhari Muslim).

54

Kawan, hidup ini pilihan. Dan setiap pilihan hidup yang kita pilih, jalani dgn ikhlas. Jalan menuju jannah-Nya bisa ditempuh dgn penuh ‘kepayahan’ sbagaimana mush’ab bin umair ataupun ‘berkelimpahan’ sebagaimana abdurrahman bin auf. Ketika pilihan yg ke-1 kita ambil, bersabarlah. dan jika pilihan ke-2 yg kita tempuh, m…aka bersyukurlah. Sabar dan syukur adl kebaikan bagi seorang mukmin… (Tol jagorawi jadi saksi)



SEMOGA BERMANFAAT...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar